Tutorial Mudah Cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Tutorial Mudah Cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi

Belakangan ini xiaomi sudah mengunci bootloader pada smartphone mereka, terutama smartphone-smartphone terbaru mereka. Lalu kenapa bootloadernya dikunci? Hal ini tidak lain bertujuan untuk melindungi data penggunanya. Jadi dengan di kuncinya bootloader, presentase data corrupt dan hilang seperti bootloop/brick akibat ulah user mengedit system akan berkurang, karena dikuncinya bootloader akan mempersulit user untuk mengedit system pada xiaomi.

Masalah lain yang juga sering dihadapi oleh pengguna xiaomi adalah hilangnya atau dicurinya ponsel mereka. Orang yang mendapat perangkat tersebut bisa dengan mudah flash ROM baru ke perangkat tersebut, dan membuat hampir tidak mungkin bagi pengguna untuk mendapatkan ponsel mereka kembali. Hal-hal seperti inilah yang membuat pihak xiaomi memutuskan untuk melakukan lock pada bootloader smartphone mereka.

Akan tetapi hal ini berdampak merugikan dan sangat buruk bagi opreker. Bagaimana tidak, para opreker jadi tidak bisa memasang custom recovery dan mengedit file system ponsel mereka. Adapun beberapa dampak akibat terkuncinya bootloader pada xiaomi adalah sebagai berikut:
  1. Sulitnya user untuk memasang Custom Recovery.
  2. Tidak bisa mengakses ROOT.
  3. Tidak melakukan flashing menggunakan Miflash (user harus mengunlock terlebih dahulu bootloadernya jika ingin melakukan flashing pada perangkat mereka).

Oleh karena itu, disini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara meng-unlock bootloader pada perangkat xiaomi. Adapun resiko meng-unlock bootloader perangkat xiaomi adalah garansi perangkat xiaomi kalian akan menjadi hangus dan standarisasi keamanan perangkat pun menjadi menurun. Jika kalian masih ingin melakukan unlock pada bootloader ponsel xiaomi kalian, silahkan lanjutkan membaca tutorial berikut:

  1. Pertama silahkan kunjungi http://en.miui.com/unlock/.
  2. Silahkan pilih unlock.
  3. Kemudian isi data-data kalian mulai dari nama, nomor telepon, dan alasan mengapa kalian ingin melakukan unlock pada perangkat xiaomi kalian (kalau bisa namanya samakan dengan nama di mi akun kalian)
  4. Jika sudah, maka pihak xiaomi akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang kalian isikan diatas. Silahkan masukan kode verifikasi tersebut. Lalu klik next.
  5. Nah disini kalian hanya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak xiaomi.
Lama waktu yang dibutuhkan antara 1 - 10 hari lamanya. Dan jika sudah mendapatkan persetujuan, maka kalian akan dapat melakukan unlock pada perangkat xiaomi tersebut. Adapun beberapa langkah-langkah dalam melakukan unlock adalah sebagai berikut:

  1. Buka kembali http://en.miui.com/unlock/ dan silahkan kalian login disana.
  2. Web tersebut akan menverifikasi ID kalian, jika sudah terapprove maka kalian akan diijinkan untuk mendownload sebuah aplikasi yang nantinya akan kalian install pada perangkat komputer atau PC yang kalian miliki.
  3. Silahkan download aplikasi tersebut dan installah pada perangkat komputer anda.
  4. Buka aplikasi tersebut dan pilih "agree" untuk melanjutkan.
  5. Sign in/Log in menggunakan ID yang sudah di approve oleh pihak xiaomi.
  6. Silahkan matikan perangkat xiaominya dan masuk ke menu fastboot (tekan dan tahan tombol volume bawah + power selama 3-5 detik)
  7. Jika sudah masuk ke menu fastboot, sekarang sambungkan ponsel dengan komputer dengan kabel USB.
  8. Kembali ke aplikasi MI Unlock pada perangkat komputer.
  9. Silahkan klik unlock untuk melakukan eksekusi.
  10. Tunggu hingga proses selesai, maka perangkat xiaomi kalian sudah tidak terkunci lagi dan kalian dapat melakukan flashing/root/install TWRP.
Catatan:
  • Jika ada, gunakanlah kabel USB Original bawaan xiaomi
  • Cara ini kadang tidak bisa atau akan stuck di angka 50% jika unlock menggunakan ROM Global

0 Response to "Tutorial Mudah Cara Unlock Bootloader Pada Xiaomi"

Post a Comment