5 Tips Membeli Smartphone Xiaomi | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

5 Tips Membeli Smartphone Xiaomi

Saat ini smartphone buatan negara China sedang merajai pasar ponsel di Indonesia. Salah satu smartphone buatan negara China yang sukses memasarkan produknya di Indonesia adalah Xiaomi. Banyak orang Indonesia yang membeli dan ingin memiliki smartphone Xiaomi ini.

Selain harganya yang murah, smartphone xiaomi juga memiliki spesifikasi yang terbilang cukup bagus untuk smartphone di kelasnya. Xiaomi merupakan perusahan yang sudah bisa dijajarkan dengan brand-brand lainya seperti samsung dan juga iphone.

Padahal xiaomi sendiri baru saja didirikan pada tahun 2010 yang lalu, tetapi kesuksesan yang diraihnya sangat cepat dan menjadi perusahaan yang terkemuka. Smartphone andalan dari Xiaomi adalah Xiaomi Redmi Note 3 dan juga Redmi 3 Pro yang bisa dibilang menjadi smartphone perusak pasar. Karena smartphone tersebut dibandrol dengan harga yang murah tetapi memiliki fitur-fitur yang sangat mantap seperti kamera yang jernih dan juga prosesor yang bagus. Bagi kalian yang ingin membeli dan merasakan smartphone Xiaomi jangan asal beli dulu. Lebih baik kalian baca tips sebelum membeli smartphone xiaomi. Apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone xiaomi?

Pastikan Jangan Sampai Salah Pilih Smartphone
Tips yang pertama dalam membeli smartphone xiaomi adalah pastikan kalian jangan sampai salah pilih dalam membeli smartphone xiaomi. Karena xiaomi sendiri memiliki banyak jenis dan tipe smartphone. Banyak juga yang tertipu dalam membeli karena mereka sendiri yang tidak teliti dalam membeli smartphone xiaomi. Banyak smartphone xiaomi yang memiliki tampilan sama dan juga memiliki nama yang sama. Contoh sederhananya adalah varian dari Xiaomi Redmi 3, ada yang Redmi 3 Prime ada juga yang Redmi 3s. Varian tersebut memiliki tampilan yang sama dan juga nama yang hampir sama, tetapi fitur dan juga spesifikasi dari masing-masing varian tersebut berbeda.

Untuk itu agar tidak menyesal nantinya pastikan kalian tepat dan jangan sampai salah dalam membeli. Pastikan kalian selalu mengecek smartphone yang akan kalian beli nantinya. Lebih baik juga, sebelum membeli kalian mengecek spesifikasi dan review yang ada di internet agar kalian tidak menyesal nantinya karena banyaknya varian-varian dengan spesifikasi gahar pada produk-produk xiaomi. Jangan sampai setelah membeli xiaomi yang ini kemudian malah tergiur beli xiaomi yang itu karena tidak mengecek review sebelumnya. Soalnya tiap-tiap orang kan kebutuhannya berbeda-beda sob, ada yang suka ngegame, ada yang suka multitask, dll (kalau urusan selfie sih menurut saya kamera xiaomi sudah bagus banget). Jadi pastikanlah smartphone xiaomi yang kalian beli sesuai dengan kebutuhan kalian.


Cek Keaslian Produk/Smartphone Yang Kalian Beli
Tips kedua adalah mengecek apakah produk xiaomi yang kalian beli adalah asli. Cara mengeceknya tidaklah sulit, kalian hanya perlu masuk ke http://www.mi.com/verify melalui komputer atau smartphone kalian. Pada web tersebut, kalian pilih "Verify Your Phone Purchase". Kemudian silahkan masukan nomor IMEI dan S/N Xiaomi yang baru kalian beli, lalu masukan security code yang sudah di tentukan dan pilih verify. Nanti kalian akan mendapatkan notice apakah product yang kalian beli itu asli atau tidak. Kalau kalian tidak begitu mengerti bahasa pada notif yang muncul, kalian bisa kok buka Google Translate untuk bantuan translate.. hehe.. maklum guys, notifnya bahasa china jadi kudu translate. Dan tidak hanya untuk mengecek keaslian smartphone xiaomi saja, website ini juga ditujukan untuk mengecek produk-produk xiaomi lainnya seperti mi piston headset, mi bluetooth speaker, mi band, dll.

Oh iya, jangan lupa sesuaikan nomor IMEI yang terdapat pada smartphone xiaomi kalian dengan dus book. Pastikan IMEI tersebut benar-benar sama. Caranya kalian masuk ke pengaturan lalu - tentang telepon - dan ketuk kernel version berkali-kali sampai muncul beberapa pilihan, dan kalian pilih software version. Nah silahkan kalian cocokan IMEI kalian disana. Kalau beda, sudah dipastikan itu palsu atau produk refurbish. Jadi hati-hati ya guys.


Perhatikan Garansi Resmi
Tips selanjutnya dalam membeli smartphone xiaomi adalah kalian harus memperhatikan garansi dari smartphone xiaomi yang akan kalian beli. Sebagai infromasi Smartphone xiaomi yang dijual di Indonesia resmi didistribusikan oleh TAM, tetapi ada distributor lainya yang juga menyebarkan produk-produk Xiaomi ke Indonesia. Smartphone yang didistribusikan oleh TAM hanyalah varian beberapa saja, bukan semua varian didistribusikan oleh TAM. Ada juga distributor lainya yang juga menjual varian smartphone Xiaomi yang terbaru tapi dengan harga yang tidak stabil alias naik turun, untuk itu kalian jangan heran jika harga Xiaomi berbeda-beda di luar sana.


Mengetahui Jenis Rom yang Digunakan
Tips keempat dalam membeli smartphone xiaomi adalah kalian harus mengetahui jenis ROM yang dipakai oleh smartphone yang akan kalian beli. Xiaomi memakai ROM MIUI dimana ROM tersebut adalah ROM asli bawaan xiaomi yang mempunyai banyak fitur dan juga memiliki tampilan yang menarik. Xiaomi sendiri memiliki 4 jenis ROM MIUI resmi yaitu ROM Global Stable, China Stable, China Developer dan juga Global Developer. 

Dimana ROM Global adalah ROM yang ditunjukan untuk semua orang yang ada di dunia (internasional), sementara ROM China ditujukan untuk negara China. Meskipun secara resmi hanya memiliki 4 ROM resmi, tetapi ada para developer lain yang melakukan modifikasi sehingga terkadang ada bug-bug yang ditemukan seperti kamera yang error, sidik jari yang tidak berfungsi, dan juga lainya. Akan tetapi ROM-ROM dari para developer ini biasanya update secara berkala setiap minggu untuk menngurangi bug-bug yang ada.


Tidak Usah Khawatir Jika Smartphone Memakai ROM Distributor
Tips yang terakhir masih berkaitan dengan ROM. Jika kalian memilih smartphone xiaomi yang menggunakan ROM Distributor, kalian jangan khawatir dan juga jangan cemas jika terdapat bug-bug yang ada pada ROM tersebut. Karena di Indonesia sendiri terdapat komunitas MiFans yang sering melakukan gath dan juga membagikan ROM-ROM yang biasanya dibagikan secara gratis. 

Selain itu kalian juga bisa bergabung pada grup facebook komunitas Xiaomi. Disitu kalian bisa bertanya dan juga sharing-sharing masalah yang mungkin bisa dijawab dan dibantu nantinya. Bahkan terkadang juga banyak yang membagikan ROM-ROM secara gratis seperti CyanogenMOD dengan fitur yang bagus dan juga tampilan yang unik dibandingkan dengan ROM resmi dari xiaomi. 

Atau jika kalian memiliki komputer dan sedikit pengetahuan tentang software, kalian bisa kok mengubah sendiri ROM Distributor tersebut dengan cara flashing via fastboot. Untuk tutorialnya ada di blog ini ya guys di bagian "Xiaomi". Nah itulah 5 tips tentang membeli smartphone xiaomi, Semoga sedikit tips di atas dapat menjadi refrensi ketika kalian membeli smartphone xiaomi.

0 Response to "5 Tips Membeli Smartphone Xiaomi"

Post a Comment