Cara Mempercepat Android Setelah ROOT | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Cara Mempercepat Android Setelah ROOT

Masalah terbesar yang dialami oleh pengguna android adalah karena lemot atau leletnya handphone yang dipakai. Walaupun RAM yang ada sudah cukup besar tetapi tetap saja kadang harus mengalami lemot atau lag. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mempercepat kinerja android setelah root. Memang keuntungan dari android yang sudah dalam kondisi rooted kita bisa mengedit sistem-sistem yang ada, termasuk juga mempercepat kinerja dari android tersebut. Jika handphone android anda belum dalam kondisi rooted maka anda bisa mencari tutorial-tutorial pada blog ini tentang bagaimana cara rooting pada handphone anda. Oke langsung saja berikut adalah cara mempercepat kinerja android setelah root. 

1. Tambah RAM Menggunakan Ram Manager
RAM Manager adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempercepat kinerja dari android. RAM manager berkerja dengan cara mengambil space dari memori atau kartu sd android anda untuk dijadikan swap dari handphone android anda. jadi menambah RAM disini maksudnya bukan menambah RAM secara fisik, tetapi menggunakan fitur swap untuk mengomptimalkan kinerja dari RAM handphone android anda. Fitur dari RAM manager in sangat lengkap, kita bisa mensetting atau mengatur semau kita. Contohnya kita bisa memilih fitur multiasking maupun fitur hard gaming. RAM manager hanya bisa digunakan dalam handphone android yang sudah dalam kondisi rooted/ter-root. Jadi jika handphone android anda tidak dalam kondisi rooted anda tidak bisa menggunakanya untuk mengomptimalkan kinerja RAM android anda.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Penting
Masalah yang sering dihadapi jika kita membeli handphone android adalah terkadang ada beberapa aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu penting tetapi ada dan terinstall di Android kita. Misalnya saja saya dulu membeli handphone buatan dari Smart****, dan disitu terdapat banyak sekali aplikasi bawaan yang saya rasa tidak begitu penting, malah membebani handphone tersebut. Setelah kita berhasil melakukan rooting pada Android, kita bisa menghapus aplikasi bawaan dari handphone kita. Untuk menghapus aplikasi bawaan dari handpone kita caranya cukup mudah. Pertama anda install dulu root explorer, kemudian anda pilih folder system dan app. Nah, disitu akan terdapat banyak aplikasi yang terinstall di handphone anda. Silahkan anda hapus yang tidak penting atau membebani handphone anda. Tapi hati-hati ya guys, karena ada beberapa aplikasi yang sangat penting dan tidak boleh dihapus disana jadi "Do With Your Own Risk"

3. Menggunakan Tweak Untuk Mempercepat Kinerja Android
Cara lainnya yang bisa kita gunakan untuk mempercepat kinerja android setelah rooting berhasil adalah dengan cara menambahkan beberapa tweak untuk build.prop atau build.promtp saya lupa namanya hehe. Dengan menambahkan beberapa tweak pada android anda, maka android anda akan bertambah cepat kinerjanya. Tweak seperti apa yang harus ditambahakan? Dan bagaimana cara menambahkan tweak tersebut pada handphone android kita? Berikut adalah cara menambah tweak di android kita.
  • Pertama anda pergi dulu ke sini
  • Nah anda download file tweak tersebut
  • Kemudian anda masuk pada recovery atau cwm atau sejenisnya di smartphone anda
  • Anda pilih install zip dan anda cari file tersebut, setelah selesai anda reboot smartphone anda.
  • Selesai, rasakan perbedaanya. Ingat anda lakukan pada device anda sendiri, "Do With Your Own Risk"

4. Menggunakan Aplikasi Greenify
Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mempercepat kinerja dari handphone android kita. Aplikasi ini hanya bisa berjalan jika handphone kita dalam kondisi sudah teroot atau rooted. Aplikasi yang berlogo seperti gambar daun ganja ini memang ampuh untuk mempercepat kinerja android, karena bisa menghentikan proses berjalanya aplikasi dengan cepat. Saya dulu juga sempat menggunakan aplikasi ini dan hasilnya memang memuaskan. Handphone saya menjadi lancar, smooth dan yang pasti tidak lemot saat kita gunakan.

5. Menggunakan L Speed
L Speed adalah cara yang paling mudah kita gunakan untuk mempercepat kinerja android kita setelah melakukan rooting dan juga pasang CWM. Dengan menggunakan L Speed kita bisa membuat smartphone kita menjadi cepat, smooth dan juga enteng saat digunakan. Namun sebelum kita meggunakan L Speed kita harus membackup dulu semua file yang ada di /system/etc/init.d agar tidak bertabrakan saat kita menginstall L speed ini dan melakukan backup juga bertujuan jika kalau ada kesalahan dalam proses installasi kita tidak perlu bingung untuk memperbaikinya.
  • Pertama anda download dulu L Speed nya di sini
  • Kemudian anda masuk ke CWM atau recovery dari smartphone anda
  • Selanjutnya anda pilih install from SD Card, dan anda pilih file L SPeed yang anda download tadi.
  • Reboot.

Itulah sedikit tutorial bagaimana mempercepat ponsel android anda setelah melakukan root. Beberapa cara di atas memang agak sedikit beresiko mengingat kita harus mengubah sedikit file system yang ada di ponsel android. Jika ada kesalahan maka bootloop lah hal yang akan terjadi. Jadi sangat disarankan lakukanlah backup sebelum melakukan tutorial di atas. Yang sangat ingin saya sampaikan disini adalah semua hal oprek mengoprek ada resikonya jadi "Do With Your Own Risk"


Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Mempercepat Android Setelah ROOT"

Post a Comment