Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Android | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Android





Sekarang kita bisa mengabadikan momen-momen spesial yang ada hanya dengan menggunakan sebuah ponsel. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ponsel bukan hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga menjadi bagian dari dunia fotografi. Dengan membawa ponsel di saku, kita bisa lebih efisien dan juga mudah untuk melakukan kegiatan fotografi, ini lebih efektif dibandingkan kita menggunakan kamera DSLR yang notabene lebih besar dan tidak muat jika kita taruh di saku baju atau celana kita.

Namun memang hukum alam. Setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan, jika kelebihan dari ponsel tadi adalah hemat tempat dan juga bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Kelemahanya adalah kualitas foto yang dihasilkan tidak sebagus dari foto yang dihasilkan oleh kamera DSLR. Tapi tenang saja, bagi anda pengguna ponsel, kita bisa membuat kamera kita menghasilkan kualitas foto yang tidak kalah bagus dibandingkan kamera DSLR. Kita bisa melakukanya dengan melakukan beberapa tips yang sudah saya tuliskan di bawah ini. Oke langsung saja, berikut adalah cara meningkatkan kualitas kamera android.


Melakukan Pengaturan Pada Kamera Ponsel
Cara yang pertama untuk bisa meningkatkan kualitas dari hasil jepretan kamera ponsel adalah dengan melakukan pengaturan pada kamera ponsel. Umumnya setiap aplikasi kamera bawaan ponsel terdapat fitur auto mode. Nah jangan hanya terpaku pada fitur automode yang disediakan oleh aplikasi kamera tersebut. Anda harus berani mengutak-atik supaya bisa menghasilkan hasil jepretan yang jernih dan seperti kamera DSLR. 

Nah umumnya setiap kamera memiliki pengaturan yang berbeda-beda, tetapi pastinya terdapat fitur pendukung yang sudah umum terdapat, yaitu fitur fokus, white balance dan juga fitur ISO. Jika anda menginginkan memotret suatu objek dengan fokus maka anda gunakan saja fitur fokus, anda juga bisa mengubah pencahayaan dengan mengaktifkan fitur white balance.


Mengatur Kamera Dengan Resolusi Tinggi
Sudah jelas jika resolusi kamera yang tinggi maka bisa meningkatkan kualitas gambar atau foto yang dihasilkan. Nah untuk itu anda harus mengatur pengaturan kamera anda supaya menghasilkan foto atau gambar resolusi tinggi. Dengan begitu hasil foto atau gambar yang dihasilkan tidak akan pecah jika di zoom atau dibesarkan. Untuk mengatur kualitas atau resolusi yang dihasilkan anda pilih pengaturan pada kamera, kemudian pilih resolusi. Biasanya terdapat pilihan large, medium dan juga small, Anda pilih yang large saja karena akan menghasilkan kualitas foto dengan resolusi yang tinggi nantinya.

Jika kita menghasilkan foto dengan resolusi yang tinggi pastinya nanti ukuran yang dihasilkan juga tinggi, untuk itu anda harus siapkan memori atau sd card dengan ukuran yang tinggi supaya bisa memuat banyak foto sekaligus.


Menggunakan Kamera Belakang Atau Utama
Saat ini ponsel memiliki dua buah kamera, yaitu kamera depan dan juga kamera belakang. Tetapi kamera depan bisanya juga memiliki resolusi atau kualitas yang lebih rendah dibandingkan kamera belakang atau kamera utama. Untuk itu supaya kita bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih optimal, maka usahakan untuk menggunakan kamera belakang, jangan menggunakan kamera depan. 

Kamera belakang lah yang mendukung kegiatan fotografi, sementara kamera depan biasanya digunakan untuk memotret diri sendiri atau biasa disebut dengan istilah selfie. lalu apakah kita bisa memotret menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus, sebenarnya bisa, tapi harus menggunakan aplikasi tambahan yaitu FrontBack. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kita bisa memotret menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus.


Menggunakan Lensa Tambahan
Jika kamera original yang ada pada handphone anda tidak cukup bagus, maka anda bisa menggunakan lensa tambahan atau attachable lens. Dengan menggunakan lensa tambahan maka kita bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih bagus dibandingkan kamera original dari smartphone kita. Contoh lensa tambahan tersebut adalah Fish Eye, Superwide dan lainya. Anda bisa membelinya di toko-toko aksesoris ponsel atau toko online yang ada. Harganya juga cukup murah.


Menggunakan TriPod
Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan alat tambahan ini. Yap Tripod, fungsi dari tripod adalah supaya kita tidak capek-capek memegangi handphone kita saat mau berfoto. Fungsi lainya adalah supaya hasil foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus atau stabil dan tidak kabur. Berbeda jika anda tidak menggunakan tripod, pastinya terkadang hasil foto yang dihasilkan akan kabur karena tangan-tangan kita yang goyang-goyang. Selain menggunakan tripod kita juga bisa menggunakan monopod yang saya rekomendasikan untk memotret dari jarak jauh.


Mengatur Pencahayaan Yang Baik
Tips atau cara untuk menghasilkan kualitas foto yang baik adalah dengan mengatur pencahayaan yang baik. Misalnya dengan menambahkan lampu untuk memberikan penerangan pada objek yang akan kita foto. Kalau bisa kita jangan menggunakan flash yang ada di handphone karena terkadang malah akan memperburuk kualitas foto yang dihasilkan

1 Response to "Cara Meningkatkan Kualitas Kamera Android"