Beberapa Tips Aman Sebelum Melakukan Oprek Android | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Beberapa Tips Aman Sebelum Melakukan Oprek Android

Gadgetandroidz.com - Apakah oprek itu? mungkin beberapa dari para pembaca disini ada yang belum begitu paham, apa sih arti dari kata oprek? Oprek belum memiliki pengertian yang jelas. Akan tetapi oprek dapat didefinisikan/dimaknai memperbaiki, memodifikasi, atau mengutak-atik suatu perangkat/benda. Biasanya kata oprek dihubungan dengan hal-hal yang berhubungan dengan dunia komputer, baik secara fisik maupun software.

Belum diketahui dari mana kata oprek tersebut berasal. Akan tetapi untuk melakukan oprek kepada suatu perangkat dibutuhkan beberapa syarat, yaitu: pengetahuan minimal tentang perangkat yang akan di oprek dan keberanian. Mengapa keberanian? karena oprek adalah suatu langkah dimana bisa saja apa yang anda kerjakan tersebut berakhir tidak seperti seharusnya. Misalnya pada perangkat smartphone, jika anda gagal melakukan oprek, bisa jadi smartphone anda tersebut menjadi matot alias mati total. Disinilah nyali atau keberanian anda akan diuji.

Akan tetapi jika anda sudah memiliki syarat diatas, keberhasilan dan wawasan-wawasan baru akan siap menanti anda kedepannya. Karena tidak sedikit orang yang hanya bermodalkan membaca dan tanpa dibekali keahlian, sukses dalam melakukan oprek pada perangkat mereka. Hal ini tidak lain adalah karena keberanian mereka sendiri. 

Maka disini saya akan membahas beberapa tips aman sebelum melakukan oprek pada android. Hal ini mungkin dapat menjadi pegangan untuk yang baru terjun kedunia oprek-mengoprek. Oleh karena itu, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

  1. Siapkan mental!!
    Seperti yang sudah saya jelaskan, oprek mengoprek membutuhkan keberanian. Jadi siapkanlah mental anda sebaik-baiknya sebelum memulai. Jangan takut akan kegagalan, anggaplah kegagalan tersebut sebagai tantangan. Tanamlah didalam pikiran anda bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.
  2. Rajinlah membaca
    Sebelum memutuskan untuk melakukan oprek, sebaiknya kalian mencari tahu tentang perangkat yang akan anda oprek. Bacalah dengan teliti hal-hal terkait yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Kalau bisa jangan hanya berpatokan dari satu sumber saja, tetapi carilah sumber-sumber yang lainnya (kalau bisa carilah dari sumber yang terpercaya).
  3. Praktek
    Mencari dan membaca dari berbagai sumber sebagai panduan memang bagus, akan tetapi hanya dengan itu saja tidaklah cukup. Kalau terlalu banyak membaca, kapan anda prakteknya. Praktek adalah pengalaman, pengalaman memberi nilai ilmu yang lebih tinggi dari pada hanya membaca. Dan untuk melakukan poin ini kembali lagi ke masalah mental/keberanian (poin no 1)
  4. Backup
    Membaca sudah, pengetahuan sudah sedikit diketahui, mental anda juga sudah siap, maka kita lanjutkan kelangkah selanjutnya yaitu backup. Biasakan melakukan backup data-data yang kalian rasa penting. Entah itu sms, kontak, aplikasi maupun file lainnya. Sebesar apapun pengalaman anda dalam hal oprek Android, tetap jangan pernah lupakan poin ini.
  5. Siapkan bahan flashing
    Hal ini tidak kalah pentingnya dari 4 poin diatas, siapkanlah bahan-bahan flashing seperti flashtool dan firmware sesuai perangkat yang anda oprek, Hal ini bertujuan untuk mengatasi jika terjadinya bootloop/error/hang pada perangkat yang anda oprek tersebut. Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi setelah melakukan oprek/memodifikasi perangkat tersebut. Bisa saja project anda gagal dan perangkat anda mengalami bootloop/error/hang, maka flashing adalah jalan terbaik untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
  6. Jangan mudah menyerah
    Project anda gagal dan perangkat anda mengalami bootloop? atasi dengan cara flashing. Perangkat anda mati total? masih anda service center yang siap membantu anda, tinggal bawa saja perangkat anda kesana. Mentok tidak ada ide melanjutkan project oprek anda? tenang, masih ada forum-forum dan grup-grup di facebook yang siap membantu anda. Atau anda dapat bertanya kepada saya tapi dengan syarat hal yang anda oprek tersebut artikelnya ada ya di blog ini. Nanti pasti saya bantu kok. Intinya jangan malas buat terus mencoba. Siapa saja yang suka bekerja keras pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Saya rasa itulah beberapa tips aman sebelum melakukan oprek pada perangkat android. Biasanya sih mereka yang ragu-ragu dalam mengoprek itu terkendala pada poin nomor 1 yaitu mental/keberanian. Apalagi jika perangkat smartphone tersebut baru berumur beberapa minggu. Ada perasaan sayang dan takut berlebih jika terjadi apa-apa ketika melakukan oprek. Tapi itu hal yang wajar kok, Saya sendiri dulu juga begitu saat pertama kali memegang Android dan melakukan oprek pada perangkat yang saya miliki tersebut. Sesuatu yang baru pertama kali dilakukan itu memang bikin deg-deg an. Susah hanya diawal saja, tapi jika sudah terbiasa kedepannya akan mudah.

0 Response to "Beberapa Tips Aman Sebelum Melakukan Oprek Android"

Post a Comment