Cara Membuat Android Support USB OTG | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Cara Membuat Android Support USB OTG

OTG merupakan singkatan dari On The Go  adalah suatu fitur yang dipakai untuk smartphone yang dalam mentransfer data dari hp android ke media penyimpanan maupun sebagai konektor charger usb pada android.  Dalam setiap hp android beberapa jenis merek sperti halnya Samsung, xperia dan masih banyak lainya lagi.

Cara Membuat Android Support USB OTG


Apa saja keuntungan yang bisa kita nikmati jika smarthone android kita support USB OTG? Nah keuntungan yang akan kita dapat sangat banyak sekali yang akan kita rasakan halnya, seperti perangkat usb lainya misalnya flashdrive, titikus atau mouse, serta keyboard dapat dengan gampang terkoneksi secara langsung pada hp android anda. Selain itu untuk embedded system developer, usb OTG dapat berfungsi untuk media komunikasi data bersama board mikrokontroler, contohnya adalah sebagai board arduino. Itulah beberapa keuntunganya.

Namun dari beberapa manfaat yang kita dapat namun tidak semua hp smartphone yang beredar di pasar sudah support dengan usb otg, Salah satu cara agar membuat hp kita support tanpa mengganti kernel android ialah dengan me"root" hp android kita, sehingga kita bisa mendapatkan hak akses agar bisa mengaktifkan permission usb host. Nah apabila hp android kalian sudah di root langkah selanjutnya ialah sebagai berikut :

1. Pertama anda download dan install usb host chek, aplikasi ini digunakan untuk mengecek fungsi dari android usb host yagn terdapat pada android sobat.
2. Kemudian anda buka aplikasinya maka akan muncul menu seperti di bawah ini
3. Apabila terdapat pesan "usb host support is not enable on this device" ini artinya file permission android.hardware.usb.host.xml tidak terdapat pada sistem android anda, sehingga kita harus membuat file itu sendiri.
4. Isi file yang anda buat tadi dengan sourcecode yang ada dibawah ini, kemudian anda save.
 <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<permissions>
 <feature name="android.hardware.usb.host" />
</permissions>
5. Kemudian anda pindahkan file yang anda buat tadi ke smartphone android serta anda push ke etc/permissions anda anda dapat memindahkanya menggunakan aplikasi root explorer
6. selanjutnya anda buka kembali aplikasi yang anda install tadi kemudian anda klik ree-chek
7. Jika sudah Selamat anda sudah berhasil menjadikan smartphone anda menjadi support dengan usb otg.


0 Response to "Cara Membuat Android Support USB OTG"

Post a Comment