Amazon Underground, App Store Untuk Android Yang Berfokus Pada Aplikasi-Aplikasi Gratis | Gadget Androidz
Mohon maaf ada beberapa gambar yang rusak pada postingan. Hal ini masih dalam tahap pengecekan dan akan diperbaiki dengan segera. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

Terima kasih, Salam Blogger.

Amazon Underground, App Store Untuk Android Yang Berfokus Pada Aplikasi-Aplikasi Gratis

Amazon baru saja mengumumkan sebuah aplikasi Android baru dengan segala sesuatu yang dapat anda temukan di aplikasi Amazon normal maupun App store lainnya yang menyediakan  aplikasi android dan game gratis. 

Meskipun perusahaan sudah memiliki AppStore Amazon, Amazon Underground adalah aplikasi baru yang berpotensi dapat mengganti kedua aplikasi, yaitu Amazon Shopping serta Amazone AppStore. Secara khusus dapat disimpulkan, aplikasi baru ini memungkinkan Anda men-download aplikasi premium secara gratis. Dan berikut adalah cara kerjanya.


Amazon telah bermitra dengan ribuan pengembang untuk membuat "lebih dari sepuluh ribu dolar di game, aplikasi dan in-app item". Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi berbayar, tapi Amazon menemukan cara lain untuk mengkompensasi pengembang aplikasi tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat menemukan OfficeSuite Professional 8, Frozen Jatuh Bebas, Star Wars Pemberontak: Misi Recon, Angry Birds Slingshot Stella dan banyak lagi. Aplikasi ini akan dicap  "benar-benar gratis," oleh Amazon.

Perusahaan membayar pengembang berdasarkan berapa lama anda menggunakan suatu aplikasi tertentu. Amazon memonitor penggunaan per menit sementara pengembang membebaskan pembelian dalam aplikasi dan biaya dibebankan dimuka. Amazon telah mencoba strategi ini dengan layanan berlangganan terbatas Kindle - perusahaan membayar royalti kepada penulis berdasarkan berapa banyak halaman yang anda baca. Hal ini pada dasarnya sama dengan Amazon Underground, hanya saja cara tersebut dilakukan dengan aplikasi Android. Model ini juga mengingatkan kita pada layanan musik streaming, seperti Spotify, Apple Musik dan Rdio.

Dalam aplikasi Amazon Underground, Anda juga akan menemukan aplikasi berbayar, aplikasi freemium, serta toko online amazon. Seluruh katalog Amazon Appstore dipindahkan ke aplikasi Amazon Underground. Satu-satunya penambahan pada Amazon Underground adalah program aplikasi yang "benar-benar Gratis".

Google tidak mengizinkan ada persaingan toko aplikasi di Play Store. Sehingga seperti  pendahulunya yaitu Amazon AppStore, pelanggan Amazon harus men-download aplikasi Amazon Underground langsung dari situs Amazon. Akan tetapi aplikasi Toko Online Amazon yang lama masih ada  dan dapat didownload di Playstore karena aplikasi tersebut hanya bertujuan untuk jual beli online dan bukan penyedia aplikasi gratis.

Akhirnya, Amazon mengatakan bahwa program "Gratis" ini bukanlah program yang hanya bersifat sementara dan perusahaan berkomitmen untuk program ini. Jika pengembang senang dengan kompensasi Amazon, itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat pengguna Android menjauh dari Play Store dan beralih ke Amazon Underground.

Amazon Underground merupakan langkah yang menarik untuk beberapa alasan. Ketika App Store diluncurkan pada tahun 2008, aplikasi yang paling populer adalah aplikasi berbayar. Selama bertahun-tahun, telah terjadi perlombaan besar dimana penerbit aplikasi-aplikasi besar meluncurkan aplikasi gratis populer dan penerbit kecil mencoba bermain dengan grafik tangga aplikasi populer dengan membuat aplikasi mereka menjadi gratis untuk sementara waktu.

Tren ini bahkan lebih buruk di Android karena banyak penggunanya tidak ingin membayar sepeser pun untuk sebuah aplikasi. Pengembang aplikasi tidak punya pilihan selain mengandalkan iklan banner untuk mendukung aplikasi mereka.


Pada tahun 2009, Apple mulai memperkenalkan beberapa aplikasi berbayar mereka sebagai aplikasi gratis, dan hal itu juga yang pada dasarnya membentuk App Store dan Play Store seperti yang kita tahu saat ini. Sekarang, free-to-play game adalah aplikasi terlaris baik di Android dan iOS, dengan Game of War, Clash of Clans dan Candy Crush Saga di puncak tangga aplikasi populer. Akan tetapi, Angry Birds besutan Rovio tampaknya tidak dapat bertahan dalam persaingan ini.

Amazon meluncur pada tren ini dengan aplikasi yang "benar-benar gratis", mereka mengatakan bahwa anda tidak akan menemukan petunjuk pembayaran aplikasi pada menu Amazon Underground mereka karena aplikasi mereka memang "benar-benar gratis". Sekarang, mari kita lihat apakah Amazon bisa mendapatkan nama besar untuk aplikasi mereka dan menarik pengguna baru dalam bersaing dengan Play Store.

1 Response to "Amazon Underground, App Store Untuk Android Yang Berfokus Pada Aplikasi-Aplikasi Gratis"

  1. Wah aplikasi premium jadi gratis ya disana.. Asik dah kalau begitu..

    ReplyDelete